Bermain game online melalui handphone atau juga laptop juga tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, kini anak-anak juga banyak yang melakukannya. Menurut saya bahwa bermain game ini sebenarnya sangat bagus untuk mengasah skill serta membangun mental kompetitif pada anak-anak. Selain itu, bermain game juga bisa mencegah stress, menghilangkan penat setelah seharian sekolah atau bekerja.

Bahkan, kini banyak anak-anak yang diarahkan oleh orang tua mereka untuk menjadi atlet e-Sport sehingga bermain game perlu ditekuni sejak dini karena ke depannya bisa dijadikan pekerjaan, hobi, serta menambah skill dan juga penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kini anak-anak dapat bermain game dengan mudah dan bisa langsung mencarinya di internet. Selain banyak game gratis di internet seperti saya ambil contoh adalah situs game online plays.org yang sedang naik daun (popular) karena banyak sekali game yang tersedia di situs tersebut. Selain itu, game mudah dimainkan baik dengan perangkat laptop, computer, tablet, serta melalui perangkat mobile (handphone). Intinya bahwa semua orang bisa memainkan game secara online di situs https://plays.org/. Jadi kalian harus mencobanya, pastinya seru karena gratis dan penuh dengan nilai hiburan dan edukasi.

Source: plays.org

Adapun game edukasi yang saya sukai dan mungkin juga bisa teman-teman coba mainkan bersama anak-anak antara lain adalah:

1. Game Anak-Anak Feed Math

Feed math merupakan game hitung matematika dalam karakter seorang anak yang mau memakan nasi atau sushi. Game ini ternyata bermanfaat untuk melatih kecepatan anak dalam berhitung dan tentunya akan dapat menunjang nilai matematikanya di sekolah.

Cara memainkan game Feed Math ini sangat mudah. Yang harus dilakukan oleh pemain hanyalah menambahkan antara angka satu dengan yang lainnya, yang jumlahnya bisa terlihat di baju sang anak. Misal jika jumlah penambahan hasilnya 8, maka yang kita klik yaitu angka 2 dan 6 sehingga jika total hasilnya adalah 8.

Jika hasilnya benar, maka akan berlanjut ke penambahan selanjutnya yang lebih kompleks. Saat ini saya dan anak-anak masih baru berhasil mengumpulkan skor point 1200+. Dan tentunya jika kemudian anak-anak semakin naik level, jumlah penambahannya semakin meningkat dan cukup sulit. Tapi ini adalah tantangan yang harus dipecahkan oleh seorang gamer sejati.

2. Game Music Shop

Music Shop yaitu permainan yang cocok untuk menguji ketertarikan minat dan bakat anak pada alat music tertentu. Di sini ditampilkan berbagai permainan alat musik misalnya gitar, piano, saksofon, drum, terompet, dan lain sebagainya. Anak-anak dapat memilih karakter melalui bagan di atasnya. Beberapa karakter yang mewakili Daniel sebagai pemain utamanya antara lain seperti tiger family, owl, dan karakter lucu lainnya.

Untuk memainkannya cukup mudah sekali, caranya adalah anak bisa menarik alat musik ke arah karakter dengan jenis bunyi sesuai alat musiknya. Selain itu, di pojok kiri atas juga terdapat speaker yang jika diklik maka akan berbunyi secara terus-menerus dan klik kembali untuk menstop/menghentikannya.

Sambil mendengarkan bunyi speaker tersebut, maka anak-anak bisa memainkan alat musik lainnya dan memilih-milih alat musik mana yang sekiranya menarik baginya. Sehingga paduan kedua atau lebih alat musik akan menghasilkan suara yang lebih indah dan harmonis.

3. Game Multiplication Roulete

Multiplication Roulete yaitu game perkalian yang akan melatih kemampuan anak dalam kemampuannya untuk berhitung perkalian, mulai dari angka 1 – 10.

Cara melakukannya sangat mudah sebab pengguna hanya perlu mengklik dua roda berputar supaya berhenti, sehingga akan dihasilkan angka untuk dikalikan. Kemudian jumlahkan kedua angka dengan benar dalam waktu yang telah ditentukan. Setelah selesai, lalu klik tombol SPIN untuk melakukannya lagi. Game ini cocok untuk anak SD kelas 1 sampai 6 yang sedang intensnya belajar berhitung untuk menambah kemampuan matematikanya di sekolah.

4. Game Greater Less Same

Berikutnya yaitu game anak Greater Less Same. Ini merupakan game yang mengajak anak untuk berpikir lebih cepat. Game ini cocok untuk anak-anak SMP yang sudah mulai matang dalam matematika.

Tugas utama dari game ini yaitu cukup membandingkan antara operasi angka satu dengan yang lainnya. Jika semisal angka pertama di sebelah kiri lebih besar, maka harus diberi tanda “>”. Jika lebih kecil maka “<”, dan tanda “=” jika sama.

5. Game Bunicula in Rescuing Harold

Game anak Bunnicula in Rescuing Harold merupakan game horror geometri yang diperankan oleh kelinci Dracula, dimana pemain harus memindahkan potongan ke area yang digariskan sesuai bentuknya. Game ini cukup menarik dan menantang bagi anak-anak untuk terus berpikir kreatif dan inovatif.

Apalagi backsound horornya yang membuat permainan semakin seru dan menarik. Semakin lama bermain, level akan terus naik. Game ini cocok untuk anak-anak usia TK, SD, SMP, dan SMA untuk mengasah ketrampilan mereka dalam ilmu matematika.

Nah, itulah tadi penjelasan tentang beragam game edukatif dan menghibur untuk anak-anak. Saya rasa anak-anak pastinya akan menyukai game yang ada di plays.org karena mudah dimainkan oleh anak-anak.

Cara memainkannya cukup mudah bisa memakai smartphone, tablet, computer atau perangkat laptop yang sudah terhubung dengan situs plays.org.

Untuk mengetahui game-game terbaru di plays.org, silakan bisa kunjungi https://plays.org/games/. Selamat bermain game, semoga kehidupan akan semakin menyenangkan dan banyak ilmu yang didapat.

Tinggalkan Balasan

×

Powered by WhatsApp Chat

× Mau Tanya PPDB 2022? Klik Disini